Kamis, 27 Juni 2013

psikologi perkembangan anak

psikologi perkembangan anakMasa anak-anak adalah saat-saat langka bagi mereka Terlebih 6 tahun pertama. Di saat inilah terjadinya perkembangan dan pertumbuhan otak anak yang luar biasa pesatnya. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua / pendidik selayaknyalah menitikberatkan pendidikan anak di masa keemasan ini.
 

Bapak dan ibu yang budiman,
Ketahuilah bahwa pembentukan emosi dan kemajuan anak Anda sebenarnya telah dimulai semenjak Anda dan pasangan Anda (suami / istri) berniat untuk memiliki keturunan. Bahkan saya pernah mendengar pepatah /kata-kata bijak bahwa "membentuk jiwa anak adalah dimulai satu generasi sebelum anak dilahirkan".


Adalah benar bahwa pembentukan emosi anak ditentukan oleh orang tua dan lingkungannya. Orang tua berperan besar dalam membentuk anak luar dalam. Demikian pula dengan lingkungan, memegang andil yang cukup besar dalam membuat pola sikap anak-anak kita.

Dalam hal ini, akan lebih baik bila kita sebagai orang tua / pendidik mengenal karakteristik anak-anak kita. Dengan mengetahui psikologi perkembangan anak, tentu akan lebih mudah mengidentifikasi kebutuhan mendasar anak-anak kita untuk berkembang lebih lanjut, mengoptimalkan kemampuan dan kepintaran mereka.

Dengan mempelajari psikologi perkembangan anak usia dini, Anda akan mengenal pola dan sikap yang anak-anak Anda tunjukkan, sehingga Anda bisa memberikan bahasa kasih, support dan pujian yang tepat bagi perkembangan jiwa anak-anak sejak dini.

Selain kita membina diri dan keluarga kita, pun kita selayaknyalah memberikan perhatian bagi pembentukan dan perbaikan kepribadian masyarakat kita. Bila masyarakat memiliki kebiasaan dan karakter yang baik, tentu akan berbekas kepada jiwa anak-anak kita. Bila lingkungan masyarakat buruk, tentu saja akan dengan mudah mempengaruhi anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar